Langsung ke konten utama

Resensi Novel Assalamualaikum Beijing

Resensi Novel Assalamualaikum Beijing




a. Identitas buku
– Judul Buku : Assalamualaikum Beijing
– Penerbit : Nourabooks
– Tahun Terbit : Oktober 2013
– Penulis : Asma Nadia
– Genre : Fiksi Islami
– Nomer Edisi : ISBN 9786021606155
b. Sinopsis
Novel Assalamualaikum Beijing ini menjelaskan mengenai kisah sepasang kekasih Dewa dan Ra. Kisah cinta mereka sudah dimulai semenjak mereka masih duduk dibangku kuliah. Bahkan Dewa dan Ra memutuskan untuk melanjutkannya ke jenjang yang lebih serius lagi yaitu mahligai rumah tangga. Namun siapa kira seiring berjalannya waktu ternyata harapan itu tidak dapat diwujudkan karena Dewa telah mengkhianati Ra di belakangnya dengan berselingkuh bersama Anita, sehingga pernikahan yang sudah didambakan sejak lama pupus begitu saja karena pengkhianatan yang diberikan oleh Dewa.
Akhirnya Dewa dengan sesal menikahi Anita karena dia harus mempertanggung jawabkan perbuatannya yang telah memghamili Anita, Dewa merasa sangat menyesal atas apa yang telah ia lakukan kepada Ra. Ra sosok gadis yang dikhianati oleh Dewa akhirnya memutuskan untuk pergi ke Beijing untuk merajut impiannya kembali. Di saat perjalanannya di Beijing Ra bertemu dengan seorang lelaki tampan yang ramah dan mengenalkan kepada Ra kisah cinta Ratu Ashima yang merupakan Ratu dari Yunani.
Ia bernama Zhongwen dan lelaki ini memanggil Ra dengan sebutan Ashima karena menurutnya sosok Ra memiliki wajah dan kepribadian yang sama. Ra pun menceritakan perjalanannya saat bersama Zhongwen kepada Sekar sahabatnya. Dan Sekar memberikan nasihat kepada Ra agar sedikit demi sedikit harus mulai membuka hatinya untuk orang lain.
Panjang kisah Zhongwen mulai mencintai Ra dan mencari sosok Ra, akhirnya mereka dipertemukan kembali dan Ra mengajarkan kepada Zhongwen mengenai Agama Islam. Akhirnya Zhongwen memeluk agama Islam, walaupun keluarganya menentang keputusan Zhongwen. Namun seiring berjalannya waktu Ra pergi ke Indonesia karena penyakit yang ia alami APS yang menyebabkan kondisinya melemah, setelah Zhongwen mengetahui tentang keadaan Ra maka ia memutuskan untuk terbang menuju Indonesia.
Kisah cinta Ra dan Zhongwen berakhir dengan penuh cinta dan bahagia karena mereka memutuskan untuk saling menikah, sedangkan Dewa dan Anita membangun keluarga kecil yang sudah memiliki anak, namun tetap saja cinta Dewa hanya untuk Ra, karena menikahnya Dewa dengan Anita akibat jebakan yang dibuat Anita untuk merebut Dewa dari Ra
c. Kelebihan
Kelebihan yang dapat diambil dari novel Assalamualaikum Beijing ini tentunya sangat beragam, penulis Asma Nadia menuliskan kisah novel ini secara mengalir dan membuat para pembaca tidak kebingungan saat menyerap kisah dari Assalamualaikum Beijing. Penulis juga menggambarkan berbagai keberagaman suku, ras dan agama yang khas dengan gaya tulisnya. Melalui novel Assalamualaikum Beijing penulis seolah memberitahu bagaimana jalannya cinta seharusnya, bagaimana arti cinta seharusnya. Melalui novel Assalamualaikum Beijing pula penulis menjelaskan mengenai penyakit APS yang dikemas secara normatif dan tidak membosankan para pembaca.
d. Kekurangan
Kekurangan yang terdapat dalam novel Assalamualaikum Beijing ini sebenarnya tidak terlalu rumit dan mencolok, pasalnya hanya beberapa saja kekurangan yang didapati dalam novel Assalamualaikum Beijing ini, ada beberapa bab yang ditemukan mengenai pengulangan bahasa yang membuat pembaca seolah dibuat bingung dengan pengulangan tersebut, namun seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa karya pasti memiliki kekurangan dan kelebihan hal itu tergantung dari bagaimana daya pandang seseorang.
Nah itulah beberapa contoh resensi novel fiksi, contoh resensi novel terbaru, contoh resensi novel lengkap, contoh resensi novel singkat, contoh resensi novel pendek, contoh resensi novel terkenal, dan contoh resensi novel yang benar.

KUNJUNGI JUGA BLOG SAYA YANG ISINYA KUMPULAN RESENSI NOVEL:
https://ribhigustiadress.blogspot.com/2019/01/scroll-ke-bawah-untuk-selanjutnya.html

Komentar